Dinilai Berhasil Majukan Daerah, Bupati Batanghari Diundang Media Tempo

Dinilai Berhasil Majukan Daerah, Bupati Batanghari Diundang Media Tempo

Jambikita.id - Geliat pembangunan dan perubahan yang terjadi di Kabupaten Batanghari, menjadi daya tarik tersendiri bagi media-media besar bersekala nasional untuk menggali lebih dalam tentang kemajuan dan perubahan di Kabupaten Batanghari.

Bupati Batanghari, Mhd. Fadhil Arief menghadiri undangan dari Media Tempo untuk mengikuti sesi wawancara dalam program "Teras Negeri" di Tempo Media Grup, Jumat (2/2) kemarin.

Kehadiran Bupati Batanghari, Mhd. Fadhil Arief disambut langsung oleh Direktur Tempo Media, Ade Liesnasari bersama dengan Tim Jurnalis dan redaktur majalah Tempo.

Dihadapan Direktur dan para Tim, Bupati Batanghari menyampaikan perkembangan dan peningkatan dari beberapa sektor yang ada di Kabupaten Batanghari dan capaian Visi-Misi Batanghari Tangguh. 

Dalam menjalankan Visi-Misi Batanghari Tangguh, terdapat 36 Program yang dijabarkan dalam RPJMD selama masa kepemimpinan Fadhil-Bakhtiar, dimana selama kurang lebih 3 tahun ini terus mengalami peningkatan terhadap capaian tersebut.

Disampaikan Fadhil saat wawancara, ada beberapa sektor yang tergabung dalam 36 program tersebut antara lain dalam Sektor Pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari telah melaksanakan penguatan SDM untuk mewujudkan Petani Cerdas, penyediaan bibit besubsidi serta pemenuhan insfratuktur berupa jalan usaha tani dan penyediaan alsintan untuk kelompok tani. 

Kemudian, dalam sektor kesehatan Pemkab Batanghari telah mencangkan Jaminann Kesehatan Gratis bagi seluruh masyarakat ditandai telah tercapai kepesertaan BPJS (UHC) mencapai 98.85%. Selain itu juga, untuk mendekatkan pelayanan kesehatan di masyarakat dengan dibentuknya Program Dokter Tangguh, dimana tahun 2023 telah melaksanakan 18.746 pelayanan yang langsung turun kunjungan ke rumah. 

Pada sektor pendidikan, Fadhil menjelaskan upaya yang telah dilakukan dalam 36 program berupa Beasiswa bagi siswa dan mahasiswa masyarakat kurang mampu sebanyak 3.651 penerima manfaat. Bukan itu saja, untuk beasiswa bagi siswa dan mahasiswa Hafiz/Hafizoh, Mufasir/mufasiroh, Qori/Qoriah sebanyak 406 penerima manfaat.

Disamping itu, untuk meningkatkan di bidang olahraga, Fadhil-Bakhtiar juga telah mengangkat 15 orang pelatih tangguh olahraga, peningkatan kualitas dan kesejahteraan guru pun tak luput menjadi perhatian pada sektor pendidikan. 

Selain melaksanakan dialog bersama Direktur dan Tim Tempo Media, Bupati Batanghari juga diberikan kesempatan mengisi Talk Show bersama Mahasiswa Politeknik Tempo yang diakhiri dengan ucapan terima kasih kepada masyarakat dan seluruh lapisan yang telah mendukung terhadap perubahan Kabupaten Batanghari menuju Batanghari Tangguh. (Kmf/*)

Komentar Pembaca