Gubernur Jambi: Gelar Adat Adalah Pendidikan bagi Generasi Mendatang

Gubernur Jambi: Gelar Adat Adalah Pendidikan bagi Generasi Mendatang



Jambikita.id - Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan bahwa gelar adat adalah sebuah apresiasi terhadap kontribusi anak negeri dalam membangun Provinsi Jambi. Hal ini disampaikan Gubernur pada acara Pemberian Gelar Adat Melayu Jambi Kepada Tokoh Nasional RI, bertempat di Balairung Sari LAM Jambi Provinsi Jambi, Kamis (4/1).


"Pada hari ini Lembaga Adat Melayu resmi memberikan gelar adat kepada datuk-datuk dan datin-datin yang dianggap telah memberikan kontribusi mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional. Kemudian ada juga tokoh-tokoh Jambi yang sudah bekerja di Jambi dengan luar biasa memberikan tenaga dan pikiran untuk Jambi. Untuk itu ini sudah dikaji oleh Lembaga adat Melayu (LAM), saya hanya menyetujui tetapi ini sudah dikaji LAM Jambi," kata Al Haris.


Selain itu, Al Haris juga mengatakan bahwa, gelar adat ini adalah pendidikan bagi generasi mendatang supaya generasi yang akan datang tau akan adat dan budaya Jambi.


"Gelar adat ini merupakan sarana pendidikan untuk anak cucu kita. Ketika foto kita dipasang didinding suatu hari nanti, mereka akan bertanya hal tersebut dan mereka bisa mengetahui akan hal tersebut pak," katanya.


Lebih Lanjut, Al Haris menyampaikan ucapan selamat atas amanah yang diberikan kepada para Tokoh Nasional RI yang dianugerahi gelar adat Melayu ini, hal ini merupakan bentuk penghargaan lembaga adat kepada para tokoh nasional dan seseorang sebagai tanda pengakuan sebagai anggota masyarakat adat yang disesuaikan dengan karakter/kebiasaan/keahliannya dengan harapan dan doa sesuai dengan Gelar Adat yang diberikan. 


"Kita semua berharap kepada para Tokoh Nasional yang dianugerahkan gelar adat ini dapat lebih memperkuat hubungan emosional dan silaturahmi antara Para Tokoh Nasional, para pemangku adat Jambi dan Pemerintah Provinsi Jambi untuk selalu berkontribusi dalam memberikan sumbangan pemikiran, saran pendapat serta dedikasinya untuk membina dan mengembangkan nilai-nilai adat istiadat di Provinsi Jambi," tutupnya.


Sebelumya, Ketua Umum LAM Jambi Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) dengan gelar Datuk Temenggung Jayo Diningrat mengatakan bahwa penganugerahan gelar adat ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi yang ke-67. 


"Dan malam besok kami juga akan melaksanakan Do'a Tasyakuran yang menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT atas keberkahan yang diberikan selama ini, namun sekaligus mohon pengampunan kepada Allah SWT atas kesalahan dan kekhilafan baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja. Semua itu dikemas dalam acara Sedekah Cuci Negeri," kata HBA.


Sementara itu, Wakil Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Ir. H. Afriansyah Noor, M.Si., IPU dengan gelar Bandar Mudo Pengimbang Rajo menyampaikan ucapan terimakasih kepada LAM Jambi yang telah memberikan kepercayaan kepada tokoh-tokoh nasional Jambi untuk diberi gelar adat. "Ini merupakan kehormatan bagi keluarga dan semua memaknai sama atas anugerah yang diberikan gelar hari ini sehingga ada tanggung jawab yang besar terhadap anak negeri untuk menyelesaikan semua permasalahan di Provinsi Jambi," ujar Wamen.


Adapun nama-nama tokoh nasional yang diberikan gelar oleh LAM Jambi yaitu 

1. Ir. H. Afriansyah Noor, M.Si., IPU dengan gelar BANDAR MUDO PENGIMBANG RAJO

2. Dr. Ir. H.A.R. Sutan Adil Hendra, M.M dengan gelar BANDAR MULIO UTAMO

3. H. A. Bakri HM, S.E dengan gelar BANDAR SUKO NEGERI

4. H. M. Syukur, S.H., M.H dengan gelar DEPATI SATRIO BUDAYO NEGERI 

5. Dra. Hj. Elviana, M.Si diberikan Penganugerahan Karang Setio

6. Irjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si dengan gelar DUBALANG SAKTI UTAMO

7. Irjen Pol. Drs. Armed Wijaya, M.H dengan gelar DUBALANG SETIO RAJO 

8. Letjen TNI. H. Hilman Hadi, S.IP., M.Han dengan gelar HULUBALANG JAYO DILAGO 

9. Letjen TNI. Dr. H. Sudirman, S.H., M.H., M.M dengan gelar HULUBALANG SETIO ALAM 

10.Mayjen TNI. Muhammad Zamroni, S.IP dengan gelar HULUNALANG PASTI NEGERI

11. Mayjen TNI. Muhammad Zulkifli, S.IP, M.M dengan gelar HULUBALANG BETUAH NEGERI 

12. Laksamana Muda TNI. Dr. H. Zali Limpo, S.H., M.H., CHARMP, M.Tr.Opsla dengan gelar DEPATI PANGLIMO CENDIKIO NEGORO

13. Mayor Jenderal TNI Supriono, S.I.P., M.M. dengan Gelar HULUBALANG SUKO NEGERI. 


Komentar Pembaca