Gubernur Jambi: Bangun Sinergi dan Kolaborasi untuk Wujudkan Tujuan Pembangunan

Gubernur Jambi: Bangun Sinergi dan Kolaborasi untuk Wujudkan Tujuan Pembangunan



Jambikita.id - Gubernur Jambi, Al Haris mengajak semua komponen masyarakat untuk terus bersatu padu membangun negeri Jambi dari segala bidang. Ajakan tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Provinsi Jambi dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Jambi tahun 2024, bertempat di Ruang Utama Sidang DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (6/1).


"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan terima kasih kepada para Pendiri Jambi atas segala ikhtiarnya dalam membangun Provinsi Jambi, terima kasih juga saya sampaikan kepada para Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terdahulu beserta keluarga, yang telah banyak berbuat dan bertekad membangun Provinsi Jambi untuk menjadi lebih baik," ucap Al Haris.


Dalam kesempatan tersebut, Al Haris juga menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah dan ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada para Tamu Undangan Kehormatan yang telah berkenan meluangkan waktu dan meringankan langkah untuk hadir di Peringatan Hari Jadi Provinsi Jambi ke-67. 


"Dengan kehadiran Bapak dan Ibu tentunya memberikan spirit dan inspirasi bagi kami, untuk terus berkarya dalam mewujudkan kemajuan Provinsi Jambi ke depan jauh lebih baik dari sebelumnya, dalam semua sektor pembangunan secara berkelanjutan," ungkap Al Haris.


Selain itu, Al Haris juga memaparkan, masa kepemimpinannya dan wakil Gubernur Jambi secara efektif baru berjalan 2,5 tahun, namun tidak membatasi dirinya untuk mendorong percepatan pembangunan di segala bidang. Hal ini juga berkat komitmen semua pemangku kepentingan dalam membangun sinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan tujuan pembangunan. 


"Dengan akhir masa kepemimpinan kami ini menjadikan momentum dalam mengevaluasi seluruh rangkaian pembangunan yang telah dilakukan. Semoga apa yang telah dicapai hingga tahun 2023 dan pelaksanaan tahun 2024, dapat bermanfaat bagi kemajuan Provinsi Jambi," papar Al Haris.


Al Haris menjelaskan, progress pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, masih terkendala oleh tingginya sedimentasi dan abrasi pantai yang menjadikan dasar pemerintah pusat menunda alokasi program, termasuk didalamnya adalah pembangunan jalan dan jembatan menuju Pelabuhan Ujung Jabung. 


"Kita tak henti-hentinya mengusulkan kegiatan ini didanai oleh pemerintah pusat, namun hingga saat ini belum terakomodir dan menjadi perhatian bersama," jelas Al Haris.


Lebih lanjut, Al Haris menuturkan, kegiatan prioritas yang salah satunya menghubungkan Kota Sengeti-Tungkal-Sabak (SENTUSA) sebagai hinterland Perkotaan Jambi yang telah ditetapkan sebagai pusat kegiatan nasional dalam RTRW Provinsi Jambi. 


"Kota Sengeti ke depan terus dipersiapkan sebagai secondary city (Kota lapis kedua) yang nantinya memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi daerah. Dengan SENTUSA, akan dipersiapkan outlet-outlet produksi dan distribusi yang nantinya sekaligus mengarahkan kedepan diarahkan pembangunan bandara baru, peningkatan akses ekonomi yang terkoneksi dengan outlet pelabuhan dipesisir timur Provinsi Jambi. Jika ini tereralisasi tentunya meningkatkan minat investor untuk menanamkan investasi yang berdampak pada peningkatan daya saing," tutur Al Haris.


Al Haris juga menyampaikan bahwa bencana banjir dibeberapa wilayah seperti Bungo, Tebo, Kerinci dan Sungai Penuh yang tentunya menjadi evaluasi bersama untuk mendorong percepatan upaya penanggulangannya sekaligus mempersiapkan rencana kerja kedepan bersama instansi terkait sesuai dengan kewenangannya. 


"Ke depan, kami mengajak semua meningkatkan sinergi Pemerintah Provinsi Jambi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, dunia usaha, akademisi, masyarakat dan peran media," kata Al Haris.


Diakhir sambutannya, orang nomor satu di Provinsi Jambi ini berpesan kepada semua yang hadir, berkenaan dengan Pelaksanaan Pemilu 2024. Dirinya berpesan dan mengajak kita semua untuk menciptakan Provinsi Jambi yang mampu memberikan suasana aman, kondusif dan damai. 


"Kita semua tentu berharap Jambi aman, kondusif, Jambi tentram, sehingga proses demokrasi bisa berjalan sebaik-baiknya. Karena kami akhir Desember 2024 akan mengakhiri masa jabatan, tentu tidak mungkin kami bisa memenuhi seluruh harapan masyarakat. Masih banyak kekurangan, keterbatasan anggaran dan keterbatasan waktu jabatan kami yang hanya 3,8 tahun. Siapapun Gubernur Jambi nanti, lanjutkan pembangun Provinsi Jambi ini. Selamat ulang ke-67 Provinsi Jambi, semoga negeri kita semakin maju,” pungkasnya.


Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Hadi Tjahjanto mengemukakan, sebanyak 82 persen atau 2,06 juta bidang tanah di Provinsi Jambi telah terdaftar dan tersertifikasi dari target 2,5 juta bidang tanah yang ditetapkan atas total luas provinsi yang mencapai 49.000 km persegi.


"Saat ini 2,06 juta bidang tanah telah tersertifikasi, sisanya 300 ribu bidang tanah lagi, dengan demikian dari target 2,5 juta, sudah 82 persen. Tinggal 18 persen dan pada 2025 target 2,5 juta seluruh bidang di Provinsi Jambi semuanya diharapkan sudah terealisasi dan terdaftar," ujarnya.


Pada kesempatan ini, Al Haris menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI. Penghargaan dari Baznas RI kepada Gubernur Al Haris ini adalah sebuah penghargaan sebagai Gubernur yang peduli kemanusiaan, diserahkan langsung Ketua Baznas RI Noor Achmad pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Jambi ke-67. Al Haris juga menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Pelestina sebesar Rp 3.647.014.808 kepada Ketua Baznas RI Noor Achmad. (Kmf/*)


Komentar Pembaca