Sederet Prestasi dan Keberhasilan Bupati Batanghari dalam Bidang Olahraga

Sederet Prestasi dan Keberhasilan Bupati Batanghari dalam Bidang Olahraga

 


Jambikita.id - Batanghari Tangguh "Perubahan itu Nyata" adalah slogan di era Kepemimpinan Mhd. Fadhil Arief dan H. Bachtiar. Kabupaten Batanghari saat ini semakin dikenal luas oleh seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat Provinsi Jambi, melalui 36 program yang menjadi penjabaran visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Batanghari 2021-2026.

36 program visi-misi tersebut direalisasikan dalam berbagai kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui OPD tekhnis, sehingga slogan Batanghari Tangguh. Perubahan Itu Nyata, dapat terwujudkan dan dirasakan oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Batanghari.

Sebagai salah satu OPD Pengampun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora), yang mempunyai salah satu program Batanghari Tangguh adalah bidang olahraga dengan program pelatih tangguh (program ke 14).

Kepala Dinas Parpora melalui Kepala Bidang (Kabid) Olahraga, Hendra Fitra, diruang kerjanya mengatakan, bahwa pada bidang olahraga, saat ini ada tiga (3) agenda olahraga yang akan dilaksanakan dari Januari 2023 hingga saat ini, yang cukup dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Batanghari, Rabu (6/12). 

Yang pertama program car free day (hari bebas kendaraan), kegiatan ini mengusung lima (5) fungsi;
pertama (1), Peningkatan Kesehatan melalui oahraga senam,  yang kedua (2), Peningkatan perekonomian masyarakat, melalui aktifitas UMKM yang berjualan dikegiatan tersebut. Sehingga, tumbuh pelaku pelaku usaha dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketiga (3) adanya pelayanan publik, seperti pelayanan kesehatan, masyarakat bisa periksa gula darah, tensi, buta warna, melalui pelayanan dinas kesehatan, PSC serta rumah sakit hamba, serta pelayanan KTP dari Dukcapil.

Keempat (4), peran serta dari OPD pengampu, yang setiap minggu mengisi acara dan memberikan doorprize kepada masyarakat. Hal ini sudah dijadwalkan dari awal tahun sampai akhir tahun, untuk memberikan hadiah kepada masyarakat yang hadir, dan yang kelima (5), mereka juga memberikan ruang kepada komunitas olahraga di Batanghari, dikegiatan tersebut. 

"Komunitas apa pun yang ada di Batanghari ini, kami berikan ruang untuk mengekpresikan kegiatannya, kami menyiapkan panggung. Kalau mereka mau tampil, koordinasi dengan kami di Disparpora, pada kesempatan ini kepala bidang olahraga, menghimbau akan melaporkan kepada kami apabila ada oknum yang memungut biaya kepada para pelaku usaha karena semua disediakan secara gratis oleh Pemerintah," jelasnya.

Pada program ke-14 yaitu: program Pelatih Tangguh yang terdiri dari 15 orang pelatih, untuk enam (6) cabang olahraga (Cabor), yang terdiri dari, Sepak bola delapan (8) orang pelatih untuk 8 kecamatan;
Voli tiga (3) orang pelatih; Karate satu (1) orang pelatih; Badminton satu (1) orang pelatih Tenis meja satu (1) orang pelatih 
Basket satu (1) orang pelatih.

Sampai bulan November, Atlet yang sudah di latih dari program Pelatih Tangguh ini, sudah mencapai 2.780 orang dari 6 cabor tersebut, yang sudah mencakup 96 Desa/Kelurahan se-Kabupaten Batang Hari. 

Baru-baru ini di HUT ke-75 Kabupaten Batanghari juga meraih Rekor MURI tingkat nasional, dalam kegiatan senam massal tingkat pelajar penamaan poco-poco ceria yang dikuti 5.000 peserta dari 121 SD, SLTP/sederajat se-Kabupaten Batang Hari dilaksanakan pada Tanggal 12 November 2023, Rekor MURI senam poco-poco ceria terbanyak se-Indonesia.

Hendra berharap, untuk program-program ini ke depannya bisa lebih berinovasi lagi membuat program kegiatan yang lebih baik lagi untuk masyarakat.

"Kalau tahun kemarin kita evaluasi program kegiatan jika tidak efektif, tentu tidak akan kita buat lagi di tahun depan, tetapi kegiatan yang berdampak untuk perekonomian masyarakat itu yang diutamakan," tutupnya. (Ag/*)

Batang Hari Tangguh
Salam Perubahan
Payo Datang ke Batanghari

Komentar Pembaca