Bupati Tanjab Barat Hadiri Pembukaan Diklat Pemeriksaan Belanja Daerah Tingkatkan Kompetensi SDM APIP

Bupati Tanjab Barat Hadiri Pembukaan Diklat Pemeriksaan Belanja Daerah Tingkatkan Kompetensi SDM APIP



JambiKita.id - Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat menghadiri acara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Belanja Daerah dalam rangka meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang dilaksanakan oleh Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (Badiklat PKN BPK RI) di Jakarta, Senin (04/12/2023).


Acara yang berlangsung dari tanggal 4-8 Desember 2023 ini bertempat di Badiklat PKN, Jakarta. Dalam sambutannya, Bupati Anwar Sadat menyampaikan bahwa diklat ini menjadi salah satu concernnya selaku kepala daerah dalam upaya penguatan peran dan fungsi APIP dalam mengawal capaian tujuan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


"Saya ingin APIP dapat menjadi mata dan telinga bagi kepala daerah dalam mengawasi jalannya program kerja dan visi misi kepala daerah serta menjadi contoh atau role model dalam bekerja di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat," ujar Bupati.


Bupati juga menitipkan SDM APIP Kabupaten Tanjung Jabung Barat kepada Badiklat BPK RI agar dapat memberikan pembekalan yang berkualitas dan bermanfaat. Ia berharap melalui kegiatan pelatihan ini para peserta dapat menimba ilmu dan wawasan sebanyak-banyaknya dan sedalam-dalamnya agar nanti bisa diterapkan dalam kinerja Kabupaten Tanjung Jabung Barat.


Selanjutnya yang tak kalah pentingnya yaitu mari mulai hari ini terus tingkatkan dan bangun karakter APIP yang berintegritas dan berdedikasi," pesan Bupati.


Sementara itu, Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara, Dali Mulkana mengatakan keterlibatan Pemda dalam peningkatan APIP sangat penting. Ia mengapresiasi kehadiran Bupati Tanjung Jabung Barat dalam acara pembukaan diklat ini.


"Kita selaku badan pemeriksa bagaimana belanja daerah ini bisa membangun kesadaran para ASN, bukan hanya sekedar melaksanakan tugas," ujarnya.


Diharapkan dengan mengikuti diklat ini, para peserta dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas dan fungsi APIP sebagai pengawas internal pemerintah daerah.


Turut hadir pada acara tersebut, Sekda Tanjabbar, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Inspektur serta jajaran pengajar Badan Diklat PKN BPK RI.



Komentar Pembaca