Bupati Batanghari Hadiri Tabligh Akbar Ijtima' dan Tasyakuran Ponpes Al Fatih

Bupati Batanghari Hadiri Tabligh Akbar Ijtima' dan Tasyakuran Ponpes Al Fatih



Jambikita.id - Bupati Batanghari, Mhd. Fadhil Arief menghadiri acara Tabligh Akbar dalam rangka Ijtima' & Tasyakuran Ponpes Al Fatih di Kampung Baru Kecamatan Muara Tembesi, Minggu (3/12).


Dalam sambutannya, Fadhil menyampaikan Kabupaten Batanghari sedang menghadapi tantangan infrastruktur sehak dilantik bersama H. Bakhtiar pada 26 Februari tahun 2021 dengan kondisi jalan di Batanghari ini hampir 70 persen jelek.


"Kemudian, kita temui bahwa begitu banyak anak SD yang tidak lancar baca tulis Al-Qur'an. Selain itu, tingkat pendidikan indeks pembangunan manusia juga rendah di bawah rata-rata Provinsi Jambi," kata Fadhil.


Menurutnya, ada 2 tantangan yang kadang-kadang sulit untuk memuaskan kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Batanghari. Ada sebagian masyarakat berpikir, kalau cara infrastruktur jalannya bagus, jembatan yang bagus maka terpuaskan lah dengan pelayanan pemerintah. 


"Ada yang berpikir lebih maju lagi bagaimana Sumber Daya Manusia (SDM) yang bagus, kalau dengan memiliki SFM yang bagus, makanya kita akan lebih bahagia InsyaAllah nanti meninggalnya masuk surga," ucapnya.


Selanjutnya, Fadhil menyampaikan program guru ngaji, masuk sekolah saat ini. Dari data terakhir, sudah terdapat 6.663 siswa-siswi kelas 6 SD di Batanghari lancar baca tulis Al-Qur'an. Namun, masih ada 700-an yang kurang lancar dan 38 yang belum bisa sama sekali saat ini, ini menjadi tantangan kita bersama. 


"Kita tahu membangun infrastruktur itu berat, karena perlu dana besar tapi lebih berat lagi membangun SDM di samping perlu dana dia perlu konsistensi, perlu kesinambungan, perlu ketahanan kita semua supaya generasi kita besok menjadi generasi yang Tangguh, generasi yang bisa membahagiakan orang tuanya, generasi yang tidak terlibat narkoba, generasi yang tidak terpapar judi online sehingga menjadi orang baik," jelasnya.


Orang baik adalah orang yang berubah demi manusia yang lainnya. Pada saat ini juga, dirinya dengan kerendahan hati mohon doa kepada seluruh jamaah agar ia bersama Wakil Bupati Batanghari dan seluruh jajaran dapat di doakan menjadi pemimpin yang adil. Karena tantangan keadilan itu luar biasa, semakin hari semakin kencang tantangannya. 


Terakhir, Fadhil juga menyampaikan program pesantren mandiri sedang dalam prosen berjalan. Mudahan-mudahan Pondok Pesantren (Ponpes) di Batanghari dapat mandiri dan berkembang.


Selanjutnya, dilanjutkan dengan Tausiah Agama Oleh KH. Ubaidillah Pimpinan Ponpes Al-Fatah Temboro. Turut Hadir Kapolres Batanghari, Ketua MUI Batanghari, Kepala OPD dalam lingkup Pemkab Batanghari dan para jamaah Tabligh Akbar. (Ag/*)

Komentar Pembaca