Bersama 50 Daerah se-Indonesia, Bupati Batanghari Terima Penghargaan Gerakan Smart City 2023

Bersama 50 Daerah se-Indonesia, Bupati Batanghari Terima Penghargaan Gerakan Smart City 2023



Jambikita.id - Pergerakan pembangunan di Kabupaten Batanghari, selain berbanding lurus dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi. Ternyata juga seiring dengan kemajuan pengembangan kota secara digital atau teknologi atau bahasa, kerennya Smart City atau Kota Cerdas Setelah selama 4 kali pendampingan di tahun ini dalam hal penyusunan Master plan smart city dari Kementerian Kominfo.


Tepat hari ini, Kamis (7/12) di Indonesian Convention Exhibition (ICE BSD) Tangerang, Bupati Batanghari Mhd. Fadhil Arief menerima langsung Gerakan Smart City tahun 2023 yang diserahkan oleh Menteri Kominfo Bapak Budi Arie Setiadi. Fadhil menerima penghargaan tersebut, bersama dengan 50 Kabupaten/ Kota lainnya seluruh Indonesia.


Penghargaan dalam ajang Forum Smart City Nasional 2023, Pameran, dan Awarding Gerakan Menuju Smart City Tahun 2023. Penghargaan diberikan karena 50 kabupaten/ kota tersebut berhasil menyusun rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas, yang diharapkan dapat menjawab tantangan dalam meningkatkan taraf hidup warga sekaligus memaksimalkan potensi masing-masing wilayah.


Gerakan Menuju Smart City sendiri adalah inisiatif yang digulirkan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk mendorong pengembangan kabupaten/ kota cerdas di seluruh Indonesia. Melalui gerakan ini, pemerintah kabupaten/ kota dibimbing untuk menyusun sebuah rencana pembangunan komprehensif berbasis enam dimensi kota cerdas, mulai dari smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living, dan smart environment.


“Gerakan Menuju Smart City adalah bagian penting dari visi besar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam mewujudkan peningkatan infrastruktur digital, ekosistem digital, serta SDM dunia digital di Indonesia,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi.


Fadhil yang hadir bersama Kadis Kominfo Amir Hamzah, Kadis PUTR Ajrisa Windra serta kepala Bapperida Kurniadi beserta Tim Smart city, ketika di konfirmasi mengatakan, ini adalah tugas baru kami, melalu program smart city untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.


"Mohon dukungan masyarakat Batang Hari, tahun depan kita sudah mulai menerapkan program smart city di beberapa program kita dan OPD, semoga dengan penerapan ini menambah peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang intinya bermuara terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," tegas Fadhil. (IKP/Diskominfo)

Komentar Pembaca