75 Tahun Batanghari: Pembangunan Merata, Wajah Kota Berubah, Pertumbuhan Ekonomi Naik dan Kemiskinan Menurun

75 Tahun Batanghari: Pembangunan Merata, Wajah Kota Berubah, Pertumbuhan Ekonomi Naik dan Kemiskinan Menurun



Jambikita.id - Kabupaten Batanghari pada hari Jumat, 1 Desember 2023 memasuki usia 75 Tahun. Usia yang tidak lagi muda, diusia tersebut, di bawah kepemimpinan Fadhil-Bakhtiar, walaupun baru menjabat sekitar 2 tahun 9 bulan, di bawah tangan dinginnya daerah ini berubah pesat, Pembangunan merata disegala bidang.


Seperti contohnya, dalam 2 tahun terakhir Kabupaten Batanghari mengeliat membangun jalan yang menghubungi antar desa/kelurahan dan antar kecamatan -+ 120,75 KM jalan dibangun dengan menyerap anggaran Rp 271 Miliar. Selain itu juga, pembangunan jalan lingkungan di setiap wilayah Kabupaten Batanghari.


Selain Pembangunan infrastruktur di desa/kelurahan dan kecamatan, di bawah nahkoda Fadhil ini berhasil mengubah wajah Kota Muara Bulian. Perubahan yang sangat signifikan dirasakan oleh Masyarakat Batanghari, seperti pedestrian Tapa Malengang yang berada di depan Rumah Dinas Bupati Batanghari setiap hari ramai dikunjungi. Tak hanya warga Batanghari saja, bahkan dari luar daerah pun mengejar bersantai di Kawasan Tapa Malenggang.


Tak hanya pembangunan fisik, perubahan signifikan, di sisi pemgembangan ekonomi dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Batanghari tahun 2022 sebesar 12,27% naik tahun sebelumnya 7,42 %. Selain itu, geliat pembangunan yang merata tersebut selain berdampak terdampak pertumbuhan ekonomi.


Hal tersebut juga, berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Batanghari. Atas keberhasilan menurunkan angka kemiskinan tersebut, Bupati Batanghari mendapat penghargaan langsung dari Wakil Presiden RI, Makruf Amin dan Kabupaten Batanghari berhak mendapatkan Dana Insentif fiscal sebesar Rp 11,8 M.


Selain itu, beberapa program unggulan seperti Dokter Tangguh juga terus berjalan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari untuk memberikan pelayaan Kesehatan yang merata kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Batanghari hingga ke pelosok desa. Hal tersebut dibuktikan dengan capaian Pemkab Batanghari pada tahun 2022 yang berhasil mencapai kepesertan BPJS Kesehatan (UHC) sebesar 97,53 persen.


Tidak hanya itu, Penyuluh Tangguh yang merupakan perpanjangan tangan Pemkab Batanghari untuk memberikan penyuluhan dan pendampingan bagi para petani juga dihadirkan pada masa kepemipinan Fadhil-Bakhtiar. 


Kemudian, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Batanghari. Bupati Fadhil juga mendukung pemberdayan milenial dan santri dengan terbentuknya tiga unit Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) yang berlokasi di Pondok Pesantren Darul Aufa Sungai Buluh, Pondok Pesantren Nurul Ihsan Ampelu dan Pondok Pesatren Darul Quran Al Islami Sridadi. 


Selanjutnya, program Pelatih Olahraga Tangguh dan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa di Kabupaten Batanghari juga diberikan sebagai bentuk kehadiran Pemeritah untuk memfasilitasi para siswa berprestasi mendapatkan bantuan Pendidikan.


Kemudian peningkatan kapasitas tenaga pendidik melalui Merdeka Belajar pada masa kepemimpinan Fadhil-Bahtiar juga terus didukung dan telah mencapai 100 persen, hingga terbentuk 54 komunitas belajar dengan 97 pengegrak komunitas belajar di Kabupaten Batanghari.


Di masa kepemimpinan Fadil Bakhtiar, beberapa proyek pembangunan juga Mulai dilaksanakan di mana salah satunya yaitu pembangunan Islamic Center yang saat ini telah dilakukan pembebasan lahan dan akan dilaksanakan pembangunan pada tahun 2024. Kemudian pembangunan dan revitalisasi pasar modern di mana pada Tahun 2022 kabupaten Batanghari telah melaksanakan revitalisasi pasar modern yaitu Pasar PU-45 Muara Tembesi melalui dana tugas pembantuan dari Kementerian Perdagangan RI.


Pembangunan dan pengembangan potensi pariwisata desa dan kelurahan di mana Pemerintah Kabupaten Batanghari terus melakukan dukungan dan pendampingan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dalam pengembangan objek wisata buatan terutama di lokasi milik Pemerintah Kabupaten Batanghari.


Kemajuan pembangunan juga terlihat dari ibukota kabupaten Batanghari yaitu Kecamatan Muara Bulian di mana dilakukan Banyak perbaikan dan pembangunan seperti Taman Tapa Melenggang dan Pedestrian di pusat kota. Di kecamatan-kecamatan juga Pemerintah Kabupaten Batanghari telah membangun ruang terbuka hijau (RTH) antara lain di seperti di Kecamatan Mersam Taman Simpang Mersam, di Kecamatan Muara Bulian Taman PKK, Taman ojek dan taman Simpang Empat. Kemudian juga pembangunan alun-alun ibukota yang berlokasi di lapangan Garuda Muara Bulian.


Dan untuk menjamin sertifikasi tanah masyarakat Kabupaten Batanghari pada Tahun 2022, Pemkab Batanghari bersama dengan BPN Kabupaten Batanghari telah melaksanakan program pendaftaran tanah sistematis lengkap atau PTSL dengan terealisasi 9.490 persil pada tahun 2022.


Tak hanya itu beberapa prestasi dan penghargaan juga berhasil diraih pada masa kepemimpinan Fadil Bakhtiar, antra lain sebagai berikut:


1. Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional

2. Terbaik Tingkat Nasional Kegiatan Inovasi & Kreasi Pelibatan Masyarakat Pelaksaan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

3. Piagam Penghargaan Kinerja Insentif Fiskal Kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan ekstrem Tahun 2023

4. Kabupaten Layak Anak Kategori Madya 2023

5. Penghargaan dari KPK sebagai Pemerintah Daerah terbanyak dalam penerbitan Sertifikat pada tahun 2022

6. WTP untuk Kabupaten Batang Hari Tahun 2022

7. Rekor Muri Senam Massal Pelajar Poco-poco ceria dengan 5000 peserta

8. 1 medali perak pada Pekan Paralympik Pelajar Nasional di Sumatera Selatan untuk cabang olahraga catur

9. The Best Leader Economic Development Dari KEMENPAN RB melalui INEWS Media Group

10. Penghargaan pemerintah peduli LPPL yang diberikan INDONESIA PERSADA.ID

11. Raihan Nilai Indeks SPBE Tertinggi di Provinsi Jambi dari KEMENPAN RB

12. Penghargaan terhadap Sinergitas dan Komitmen dalam Melaksanakan Pengawasan Orang Asing di wilayah Kabupaten Batang Hari Tahun 2023

13. Penghargaan Atas Komitmen dan Dukungannya Trhadap Perusahaan Sektor Perkebunan Sawit Tidak Melibatkan dan Memperkerjakan Anak.

14. Juara 1 Tilawah Putri MTQ Ke 53 Prov Jambi di Sarolangun

15. Juara 1 Tafsir Al-Qur'an Bahasa Arab Putra

16. Juara 1 Tafsir Al-Qur'an Bahasa Arab Putri

17. Juara 1 Bahasa Inggris Putri

18. Pemenang Kedua Sebagai Penyuluh Berprestasi

19. Pemenang Kedua Sebagai Gabungan Kelompok Tani Berprestasi

20. Juara II Lomba Cerdas Cermat Tingkat Petani dalam Rangka Hari Krida Pertanian (HKP) ke-51 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2023

21. MCP KPK (Pencegahan Korupsi) Terbaik Tahun 2022. (Kmf/*)

Komentar Pembaca