Breaking News

Bupati Batanghari Lepas Kafilah MTQ ke-52 Tingkat Provinsi Jambi



Jambikita.id - Bupati Batanghari, M. Fadhil Arif melepas Kafilah Kabupaten Batanghari pada Musyabaqo Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-52 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Sarolangun, Minggu (20/8).


Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten I, Pemkab Batanghari, beberapa Kepala OPD Pemkab Batanghari, Staf Ahli, Kapolres Batanghari, Kajari serta para tamu undangan lainnya.


Untuk diketahui, Kafilah dari Kabupaten Batanghari merupakan kafilah terbanyak ke 3 dari semua kabupaten/kota yang ada, dengan jumlah peserta sebanyak 135 orang. Terdiri dari peserta cabang lomba 74 orang, dan unsur pimpinan, kesehatan dan lainnya sebanyak 61 orang.


Dijadwalkan, semua tim kafilah Batanghari akan berangkat menuju Kabupaten Sarolangun pada Senin (21/8) pukul 09.00 WIB.


Dalam sambutannya, Bupati Batanghari, M. Fadhil Arief menyampaikan kepada peserta untuk tetap fokus pada saat lomba nanti dan tidak mesti mengejar juara umum.


"Tidak mesti kita juara umum, tapi bagiamana generasi ini betul-betul generasi yang islam, generasi yang kuat. Sesuai dengan fitrahnya tadi. Yang diberikan kelebihan oleh tuhan yang dikembangkan dirinya dengan baik," kata Fadhil.


Lanjutnya, Fadhil juga menegaskan bahwa Islam adalah yang pertama kali bicara toleransi. Islam itu sebenarnya tidak menghormati Hak Azasi Manusia (HAM), justru islam itu lah yang pertama kali mengenalkan HAM itu lewat piagam Madina, bagaimana cerita turunnya piagam Madina timbulnya kesepakatan antara beberapa etnis yang ada di Madina, yang pada saat tahun 622 Masehi bahwa penduduk Kota Madina 10 ribu jiwa.


"Hasil sensus nabi Muhammad, dari 10 ribu jiwa 1.500 muslim, 4.000 yahudi, 4.500 masih kaum-kaum yang nyembah berhala. Begitu tolerannya orang islam bahwa, semuanya harus dilindungi penguasa saat itu yaitu Nabi Muhammad SAW," jelasnya.


Menurut Fadhil, jauh sebelum Nabi Muhammad melakukan kegiatan penegakan HAM. Ini yang perlu kita pahami, begitu tolerannya orang islam dan aneh jika orang islam tidak toleran dan kita pasti pertanyakan ke islamannya.


Usai memberikan kata sambutan, secara resmi Fadhil melepas kafilah dari Kabupaten Batanghari untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jambi ke-52 di Kabupaten Sarolangun. 


"Dengan mengucapkan Bismillah, secara resmi saya lepas," tutupnya. (Ag/*)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Jambi Kita