Breaking News

Pemkab Batanghari Optimalisasikan Program GISA



Jambikita.id - Batanghari adalah Kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jambi, Kabupaten ini berdiri pada tanggal 1 Desember 1948 dengan Luas Wilayah 5.805 Km2 dibagi menjadi 8 Kecamatan antara lain Muara Bulian, Bajubang, Muara Tembesi, Pemayung, Bathin XXIV, Mersam, Maro Sebo Ulu dan Maro Sebo Ilir dengan total jumlah penduduk 307.521 jiwa.


Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari telah mengoptimalisasikan Program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan atau yang lebih dikenal GISA disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Batanghari, Reflizer di ruang kerjanya, Rabu (12/7).


"GISA dilaksanakan dengan 4 Program antara lain Program Sadar Kepemikikan Dokumen Kependudukan, Program Sadar Pemutakhiran Data Penduduk, Program Sadar Pemanfaatan Data Kependudukan dan Program Sadar Melayani Administrasi Kependudukan," sebutnya.


Ditambahkan Reflizer, bahwa untuk saat ini Pemkab Batanghari melalui Disdukcapil telah melakukan upaya optimalisasi dimana telah dilakukan secara mobile dengan sistem jemput bola langsung turun ke desa dalam Kabupaten Batanghari dari jumlah .


Pada data per Desember 2022, jumlah wajib KTP di Batanghari yaitu 223.161 jiwa dengan jumlah yang telah melakukan perekaman sebanyak 201.399 jiwa.


"Jadi kita masih punya 21.762 jiwa lagi yang harus dilakukan perekaman KTP elektronik, per Juni 2023 saat ini dengan melakukan program jemput bola ke desa jumlah penduduk yang melakukan perekaman KTP elektronik meningkat menjadi 205.005 jiwa bertambah sebesar 3.606 jiwa," jelasnya.


Program ini diharapkan terbangunnya ekositem pemerintahan dan masyarakat yang sadar pentingnya administrasi kependudukan. (Kmf/*)


0 Komentar

© Copyright 2022 - Jambi Kita