Breaking News

Bupati Batanghari Buka MTQ Tingkat Kabupaten ke-53 di Kecamatan Mersam




Jambikita.id - Bupati Batanghari, Mhd Fadhil Arief membuka Musyabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Batanghari ke-53, bertempet di Kelurahan Kembang Paseban, Kecamatan Mersam, Sabtu (3/6) malam.


Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Wakil Gubernur Jambi selaku Ketua LPTQ Provinsi Jambi Abdullah Sani, Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, Perwira Penghubung, Wakil Ketua DPRD, Ketua TP-PKK, Ketua MUI, Ketua LAD, anggota DPRD Provinsi Jambi, Anggota DPRD Batanghari, Kakan Kemenag, para asisten, para Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa serta tamu undangan lainnya.


Dalam kesempatan tersebut, Fadhil Arief berharap MTQ yang dilaksanakan setiap tahunnya dapat menjadi peningkatan minat generasi muda dalam membaca Al-Quran serta meningkatkan pengetahuan masyarakat. 


"MTQ yang dilaksanakan tidak hanya sekedar lomba dalam membaca, menghafal atau mengkaji isi Al-Quran tetapi menjadi syiar dalam memperkuat keberadaan dan ajaran dalam Al-Quran," kata Fadhil.


Dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama dalam menguatkan komitmen untuk kembali kepada nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan agar menjadikan Al-Quran sebagai landasan kehidupan dalam membangun kehidupan yang lebih mulia maju dan sejahtera.


"Melalui momentum MTQ hendaknya seluruh elemen masyarakat untuk ikut bermusabaqah atau berlomba menunjukkan kualitas dalam pengamalan Al-Quran dan berlomba untuk menjadikannya sebagai petunjuk dalam memperkokoh akhlakul karimah," jelas Fadhil.


Menurutnya, dalam mencapai Visi mewujudkan Kabupaten Batanghari Tangguh berbagai inovasi sudah dilakukan untuk SDM masyarakat berkualitas. Salah satunya, Guru Ngaji Tangguh tersebar disekolah dan juga Pelatih Olah Raga Tangguh tersebar disetiap Kecamatan saat ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar, sehingga dapat berdampak kegiatan positif bagi generasi muda.


Untuk diketahui, pada pelaksanaan MTQ ke-53 kali ini telah dikukuhkan oleh Bupati Batanghari Pengawas, Dewan Hakim, Panitera dan Pendamping Panitera 109 orang dengan jumlah Khafilah yang mengikuti berjumlah 667 orang dari 8 Kecamatan.


Adapun cabang-cabang perlombaan yang akan dilaksanakan pada MTQ ke-53 Tingkat Kabupaten di Kecamatan Mersam, antara lain:


1. Cabang Tiwatil Qur'an terdiri dari: 

a. golongan Tartil Putra/Putri:

b. golongan anak-anak Putra/Putri :

c. golongan Remaja Putra/Putri :

d. golongan Dewasa Putra/Putri : 

e. golongan Cacat Netra Putra/Putri.


2. Cabang Qira'at Qur'an terdiri dari:

a. golongan Mujawwad Dewasa Putra/ Putri, b. golongan Murattal Dewasa Putra/ Putri,

c. golongan Mujawwad Remaja Putra/Putri, d. golongan Murattal Remaja Putra/ Putri, 


3. Cabang Tafsir Qur'an Putra/Putri: 


4. Cabang Hadist Al-Qur'an, 


5. Cabang Hifzil Qur'an Putra/Putri, 


6. Cabang Syarhil Qur'an, 


7. Cabang Fahmil Qur'an Putra/ Putri, 


8. Cabang khattil Qur'an Putra/Putri, 


9. Cabang Menulis Ilmiah Al-Qur'an Putra/Putri.


10.Cabang Barzanzi Marhaban Putra/Putri, 


11.Cabang Qira'atul Qutub :

a. Golongan Whusta

b. Golongan Ulya 


12. Cabang Penyelenggaraan Jenazah.


Pembukaan ditutup dengan pengibaran Bendera LPTQ. (Diskominfo/IKP)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Jambi Kita