Breaking News

Bupati Batanghari Jadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII

 


Jambikita.id - Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief menjadi Inspektur Upacara dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-XXVII (27) Tahun 2023 yang bertempat di Lapangan Kantor Bupati Batanghari, Sabtu (29/04/2023).


Hadir dalam upacara tersebut, Kajari Batanghari, Kepala BNNK Batanghari, Kapolres Batanghari, Kepala Pengadilan Agama Batanghari, Kepala Pengadilan Negeri Batanghari, Sekda Batanghari, Asisten I Setda Kabupaten Batanghari, Asisten III Setda Kabupaten Batanghari, Staf Ahli Bupati Batanghari, Seluruh Kepala OPD se-Kabupaten Batanghari dan Para Forkompinda Kabupaten Batanghari, Camat dan Lurah.


Bupati Batanghari menyampaikan dan membacakan teks pidato Amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri), perlu kiranya kita melakukan replikasi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari ditetapkannya otonomi daerah yang saat ini genap berusia 27 tahun.


Tujuan otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta memicu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.


Ada pertanyaan sederhana namun syarat dengan makna filosofis. Mengapa hari otonomi daerah ditetapkan setiap tanggal 25 April setiap tahunnya. Oleh karena itu, perlu kiranya kita melakukan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari ditetapkannya otonomi daerah yang saat ini genap berusia 27 tahun.


Pada tahun 1995 Pemerintah menyerahkan sebagian urusan Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1995 tentang penyerahan sebab Urusan Pemerintah Kepada 27 Daerah Tingkat II Percontohan (Ditetapkan 21 April 1995 ) kebijakan ini dijadikan tonggak dalam pelaksanaan otonomi daerah.


"Sehingga, pada tanggal 7 Februari 1996 Pemerintah Pusat Mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996 Tentang Hari Otonomi Daerah melalui keputusan tersebut menetapkan bahwa tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah," teks dibacakan oleh Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief. (Ag/*)


0 Komentar

© Copyright 2022 - Jambi Kita