Breaking News

Wakil Bupati Tanjab Barat Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla

 


JambiKita.id - Mewakili Bupati, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Hairan Pimpin apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang diselenggarakan di lapangan Mapolres Tanjab Barat, Rabu (15/02/2023).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP Padli, Kasdim 0419 Tanjab Mayor INF. Marlianus Pasae, Dansub Den Pom II Kuala Tungkal, Para Kepala OPD, BPBD, Damkar, Kepala Basarnas, Kepala UPTD KPH, Kepala Manggala Agni Tanjab Barat, Sekretaris Dinkes, Tim Pemadam kebakaran PT. WKS, serta diikuti oleh Peserta apel siaga Karhutla.

Membacakan sambutan Bupati, Wabup sampaikan apresiasi kepada Kapolres Tanjung Jabung Barat yang telah melaksanakan apel kesiapsiagaan bersama Pemda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kodim 0419/Tanjab instansi terkait lainnya dalam rangka kesiapan menghadapi karhutla di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Semoga momen hari ini semakin meningkatkan koordinasi dan sinergitas kita dalam upaya pencegahan penanggulangan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan bahwa kebakaran hutan dan lahan menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti kerusakan ekologis, menurunnya potensi keanekaragaman hayati, perubahan iklim, serta menimbulkan asap yang mengganggu aktivitas transportasi darat laut dan udara serta dapat mengganggu situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Agar kejadian tersebut tidak terjadi, maka kita harus terus bersiaga dan waspada mengantisipasi berbagai kemungkinan sedini mungkin, dari prediksi badan meteorologi klimatologi dan geofisika terdapat potensi terjadinya El Nino setelah selama 3 tahun terakhir 2020, 2021, 2022 terjadi la Nina," ujarnya.

Menurut Wabup, berdasarkan data terlihat bahwa masih ada potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terlebih lagi saat ini diperkirakan akan memasuki musim kemarau dimana banyak lahan yang mengalami kekeringan dan mudah terbakar serta semakin sulitnya sumber-sumber air untuk kebutuhan pemadam api jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Menutup sambutannya Wabup mengajak semua pihak dapat berinisiatif untuk melakukan pengecekan baik kesiapan personil peralatan sarana dan prasarana lainnya, serta membentuk Satgas gabungan pencegahan. Selain itu Wabup berharap agar Pemerintah Daerah, Polri, TNI, unsur terkait, dan masyarakat dapat bersinergi saling membantu guna mencegah atau pun menghadapi karhutla di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Jambi Kita