Breaking News

Capaian Fadhil- Bakhtiar Selama 2 Tahun Memimpin Batanghari



Jambikita.id - Bupati dan Wakil Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief dan Bakhtiar sudah memimpin Kabupaten Batanghari 2 tahun tepat 26 Februari 2023. Keduanya dilantik pada 26 Februari 2021 lalu. Sudah dua tahun sejak pelantikan Bupati dan Wakil Bupati masa bakti 2021-2026, telah banyak hal terjadi dan banyak capaian yang sudah dilakukan.

Kerja keras terus diupayakan oleh Fadhil dan Bakhtiar untuk menuju Arah Baru Batanghari Tangguh itu. Fadhil-Bakhtiar dalam berbenah melakukan perubahan diwilayah kepemimpinannya dengan 36 program kerja unggulan.

Dari 36 kerja unggulan itu, sudah 92 persen pencapaiannya, terhitung dua tahun ini. Sedikitnya masih ada tiga pembangunan prioritas yang akan difokuskan Fadhil-Bakhtiar pada 2023 ini, yakni pembangunan islamic center, pembangunan sirkuit balap dan pembangunan pusat oleh-oleh khas Kabupaten Batanghari.

Selain itu, dalam dua tahun Fadhil-Bakhtiar memimpin Batanghari, capaian program prioritas diantaranya, ada Dokter Tangguh Desa dan Kelurahan. Dokter Tangguh ini merupakan program unggulan yang bertujuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Kemudian, percepatan perbaikan dan pembangunan jalan antar desa dan kelurahan dan antar kecamatan. Melalui APBD 2022, pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan kabupaten dilaksanakan berupa pembangunan, rekonstruksi dan pemeliharaan jalan dengan total anggaran Rp 271.023.858.638.

Dengan anggaran itu penanganan yang dilakukan sepanjang 120,75 kilometer yang tersebar di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Batanghari. Selain jalan kabupaten, Fadhil-Bakhtiar juga memaksimalkan pembangunan jalan lingkungan. Pembangunan jalan lingkungan dengan anggaran Rp.21.529.580.000 terhadap 17.22 kilometer panjang jalan.

Selain, infrastruktur, Fadhil-Bakhtiar fokus dalam optimalisasi pertanian, dengan menganggarkan dan menyerahkan bibit tanaman pangan dan hortikultura. Bibit padi sebanyak 37.250 kilogram untuk 1.490 hektar lahan. Bibit kacang tanah sebanyak 1.500 kilogram untuk 15 hektar lahan. Bibit manggis sebanyak 10.000 batang, bibit durian sebanyak 1.000 batang dan bibit jeruk sebanyak 1.336 batang.

Bibit tanaman perkebunan juga diserahkan diantaranya bibit kelapa sawit hasil pembibitan pada 2021 sebanyak 10.000 batang yang disalurkan 2022. Pembelian bibit sebanyak 60.000 kecambah pada 2022 dan akan disalurkan pada 2023. Bibit kelapa genjah sebanyak 1.500 batang bibit dan pinang sebanyak 3.000 batang.

Kemudian, melakukan penerangan jalan umum (PJU) diseluruh wilayah. 2022 lalu, telah menganggarkan sebesar Rp.19.245.857.243 untuk PJU. Pembangunan ini sebanyak 622 pitik PJU baru, dan perbaikan penerangan jalan PJU sebanyak 325 titik.

Program yang sudah diuraikan tersebut, Fadhil dan Bakhtiar dalam dua tahun memimpin juga telah melaksanakan program prioritas diantaranya. Petani Cerdas untuk Pendampingan Para Petani. Pengelolaan Jalan Produksi dan Jalan Usaha Tani. Pelayanan Keliling Desa dan Kelurahan untuk Pembuatan Administrasi Kependudukan Secara Gratis. Jaminan Kesehatan Gratis Bagi Seluruh Masyarakat Kurang Mampu atau Miskin. 

Rumah Bunda, Pemenuhan Jaringan Listrik, Pemberdayaan Milenial dan Santri. Mendatangkan Investor untuk Membuka Lapangan Kerja dan Memprioritaskan Masyarakat Setempat, Pelatih Olahraga Tangguh, Beasiswa Bagi Siswa dan Mahasiswa untuk Masyarakat Kurang Mampu/Miskin. 

Beasiswa Bagi Siswa dan Mahasiswa Berprestasi. Beasiswa Bagi Siswa dan Mahasiswa Hafiz/Hafizoh, Mufasir/Mufasiroh, Qori/Qoriah. Penyuluhan Keliling Anti Narkoba. Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik. 

Pembangunan dan Revitalisasi Pasar Modern. Pembangunan dan Pengembangan Potensi Pariwisata Desa/Kelurahan. Pembangunan Ruang Komunitas di Kecamatan. Penempatan Pejabat yang Sesuai Dengan Kompentesi/Ahli dan Bebas KKN. Pembangunan Alun-Alun Ibu Kota Kabupaten Batanghari. Pusat Kerajinan, Perdagangan Kuliner, dan Oleh-oleh Khas Batanghari. 

Kemudian, Jumat Barokah, Kegiatan gotong royong bersama Masyarakat, Penyediaan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Miskin, Pelayanan Air Bersih Yang Baik. Penyelenggaraan Event Olahraga, Seni, dan Budaya. Batanghari Institut, Gerakan Membaca Alquran (GEMAR) dan Sertifikasi Tanah Seluruh Masyarakat Batanghari. (Adv/*)



0 Komentar

© Copyright 2022 - Jambi Kita