Breaking News

Melalui Program PINTAR, Batanghari Tangguh Menuju District Graduate




Jambikita.id - Peningkatan mutu Pendidikan di Indonesia menjadi prioritas utama Pemerintah, termasuk di Kabupaten Batanghari.

Kabupaten Batanghari salah satu daerah yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation yang salah satu fokus programnya adalah peningkatan kualitas pendidikan yang dikemas dalam Program PINTAR. Program PINTAR berfokus pada pendidikan dasar agar mutu pendidikan di daerah itu menjadi lebih baik sesuai visi Pemerintah Daerah Kabupaten Batanghari, Perubahan Menuju Arah Baru Batanghari Tangguh di Provinsi Jambi.

Distric Coordinator (DC), Yudha Priana menyampaikan capaian-capaian Program PINTAR di Kabupaten Batanghari sampai saat ini kepada Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar. Dia menyampaikan hingga saat ini intervensi program Tanoto Foundation berada di 24 sekolah. Sebanyak 254 kepala sekolah dan guru yang disasar. Sebanyak 7128 siswa SD/SMP yang telah merasakan dampak dari Program PINTAR. 

“Dalam implementasi program di Kabupaten Batanghari juga melibatkan Fasilitator Daerah (Fasda) yang dibagi dalam beberapa grade dan hasil dari tim monitoring evaluasi Tanoto Foundation 32 Fasda di Kabupaten Batang Hari masuk 79% Grade A dan 21%  Grade B,” jelas Yudha, saat audiensi bersama Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar, didampingi Zulpadli, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Ruangan Kerja Sekretaris Daerah, Rabu (25/01/2023).

Untuk keluaran program budaya baca, pengembangan karakter, dan media pembelajaran, masih membutuhkan perhatian bersama.

“Peningkatan mutu pendidikan sangat penting dilakukan, khususnya melalui pelayanan mutu yang lebih cepat dan lebih meningkat,” kata Yudha.

Bakhtiar mengapreasiasi Tanoto Foundation yang telah ikut andil memajukan Dunia Pendidikan di Kabupaten Batanghari melalui Program PINTAR. Serta kesediaan Tanoto Foundation turut serta membantu penanganan Stunting melalui Program SIGAP.

“Terhadap Indikator Numerasi SD, Literasi SMP dan Numerasi SMP yang belum mencapai ambang (masih merah),  Pemerintah Kabupaten Batanghari akan merancang kebijakan (Produk Hukum) berupa Peraturan Bupati yang disertai rencana aksi untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di Kabupaten Batanghari,” ujarnya.

Untuk Rencana Program SIGAP, Bakhtiar berharap kedepannya bisa berkolaborasi dengan Program Program lain dalam Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Batanghari.

Zulpadli, menambahkan Dinas P dan K memiliki program kerja yang selaras dengan perencanaan berbasis data yang bekerja sama dengan Balai Guru Penggerak (BGP) dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP). Fasda Program PINTAR yang telah menyelesaikan tugas Topik I di PMM akan dilibatkan dalam program tersebut. Kedepanya Fasda yang berkompeten bekerja sama dengan Dinas Pendidikan akan menyebarkan Praktik Baik ke sekolah non mitra di seluruh Kabupaten Batang Hari. Kegiatan tersebut nantinya akan dilaksanakan dalam setiap kecamatan.

“Saya harapkan agar mutu Pendidikan di Kabupaten Batanghari lebih dikedepankan, utamanya pelayanan mutu pendidikan yang lebih cepat dan lebih meningkat,” tutup Zulpadli. (Ag/Adv)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Jambi Kita